Do what makes you HAPPY.. Be with who makes you SMILE.. Laugh as much as you BREATHE.. Love as long as you LIVE.. Life is just too SHORT to be SOMEONE ELSE.. Look at ME, see WHO THE REAL ME.. And IT'S ME.. :)

Petualangan di Bromo ( part 2 )

Dan ini dia, lanjutan dari part 1 sebelumnya
Alasan kenapa aku bangun jam 03:30
Karena kita mau liat sunrise :)

Oke, mungkin bagi orang K O T A
Pada mikir : "ngapain sunrise aja diliat sampe segitunya ih?"
Tapi bagi pecinta alam, sunrise di Bromo itu wow banget
Berasa kebanggaan tersendiri :)

Anyway, biarpun dinginnya mencapai lima derajat celcius
Sampe aku pake jacket tebel dilapisin shirt lengan panjang tebel
Dilapisin lagi manset lalu kaos dalam
Hingga pake sarung tangan tebel khusus climb mountain
Kemudian pake masker biasa ( harga cuma 1000 dari apotek )
Tapi tetep aja dinginnya tembus sampe ke badan, brrrrr..

Akhirnya, setelah prepare selesai
Aku, Mama, Ayah, Om Antok, Om Sholeh dan Kak Anggri
Menuju puncak Bromo untuk ngeliat sunrise jam 03:30

Step 1
Kita mendaki pake mobil Jeep Hardtop milik Kak Anggri
Cukup lama, butuh beberapa menit dan jam segitu aja udah rame !
Tapi Alhamdulillah kita dapet parkir di depan ^_^

Setelah itu, kita semua turun dari hardtop
Lalu kita jalan lumayan jauh dan scary, bukan menakutkan karena malam
Tapi karena di sebelah kanan kita jurang dan tanah sering longsor
Apalagi keadaan masih gelap banget dan kita lupa bawa senter
Lalu jalan berkerikil dan berbatu besar dan suhu udaran
ya cuma 5° celcius

Dan pas di tengah jalan mendaki, Ayah udah ngos-ngosan
Ayah maksain banget mau naik ke atas puncak
Tapi aku dan Mama juga tau, Ayah ga bakal bisa capai puncak
Pertama, bobot Ayah udah berapa kilo? Kedua, usia. Dan ketiga, kesehatan
Ditambah lagi, waktu itu kita masih jauuuuh banget dari puncak
Pas kita liat ke atas, kita juga ga bakal ngeliat deh dimana ujungnya -_-

Dan ketika udah sepertigapuluhenam ( ? ) menuju puncak
Ayah menyerah, beliau lebih memilih turun
Dan menyewa dua kuda untuk aku dan Mama
Beneran deh, kalo waktu itu disuruh milih
Aku lebih empot-empotan mikirin Ayah daripada sunrise
Tapi ternyata Ayah mengalah, demi aku ( lagi ) .

Dan akhirnya aku sama Mama nyewa kuda untuk mencapai tangga
Padahal kita udah naik kuda, tapi tetep aja jantungnya dhuar -_-
Gimana enggak? Jalan mendaki, beratku 65 kg ( maklum, liburan )
Apalagi pijakan penuh dengan pasir dan batu-batu, kejedut-jedut
Okelah kaki kejedut bagi orang biasa itu ga sakit sama sekali
Tapi bagi orang yang kakinya barusan sobek 6 jam yang lalu !?
Masya Allah ! Nangis, nangis deh gue !

Finally, kita udah nyampe di tangga
Mama nyewa senter sama abang penjaga kuda
Namanya Bang Juma'i sama Bang Doglo ( ? ) Lucu yaa, he he he :p

Nah, kebetulan kita ketemu lagi sama Om Antok dan Om Soleh
Akhirnya kita naik tangga barengan ke puncak
Tapi Om Antok bertanya soal Ayah, kemudian Om Antok ikut turun
Aku akui aja deh, mungkin Om Antok nyerah
Pas kita senter jalur tangganya...... wow kayak ga berujung -_-'

Sabar, sabar, dengan perlahan dan jantung degup-degup
Kita naik ke puncak.. Oke, suhu dingin, dataran tinggi juga
Aku sempat
negative thinking : "gimana kalo kekurangan oksigen?"
Ya Allah sumpah deh, waktu itu nafasku udah ga teratur banget
Berusaha tenang inspirasi dari mulut dan ekspirasi dari hidung perlahan
Tapi tetep aja aku, Mama dan Om Soleh berhenti istirahat beberapa kali
Kanan jurang, kiri dahan pohon yang mengerikan, dan ada longsor
Debu bertebaran, suhu dinginnya ga karuan, tapi aku pengen liat puncak!

Astaghfirullah
, giliran disuruh ke mall, aku ga pernah sesemangat ini -_-
Pokoknya yang di otak ku waktu itu bukan keraguan, tapi keharusan!

Kemudian sampailah kita setengah jalan menuju puncak
Mama mulai capek lagi, kita sempat istirahat 15 menit
Tapi ternyata Mama mual dan mau muntah
Akhirnya Mama bilang aku disuruh lanjut ke atas
Mama di situ aja, yah tega nggak tega sih ninggalinnya :(
Tapi aku juga mikir, buat apa aku nyerah kalo udah setengah jalan?
Dan toh di situ juga ada bapak penjaganya
Jadi aku berani aja naik ke puncak bareng Om Soleh

Hiiyyeee' ! Semakin naik semakin menakutkan!
Kanan jurang tanpa ada tembok penghalang kayak di bawah
Kiri malah pasir nggak karu-karuan! -_-
Astaga, di sini aku kalah deh, akhirnya aku dituntun Om Soleh
Dan
A L H A M D U L I L L A H !
Kita sampe juga di puncaaaak! Ooooo yeaaah !

Pas aku liat-liat, yang berhasil ke puncak 92 % orang bule
Dan 8 % orang Indonesia ( termasuk
guide nya ) .

Pas di puncak juga, nggak ada orang gendut
Nggak ada orang yang terlalu kurus juga
Nggak ada cewek yang
feminine dan cewek ber-style
Oke, di sini, aku merasa
wow, I did it ! I can ! :)

Mungkin dari bacaan ini, menggapai puncak itu gampang
Tapi percaya deh, kalo udah sampe sana ha ha ha ha -_-
Rasakan sendiri gimana enaknya
poge'-poge' begitu

Banyak orang yang nyampe puncak tapi maksa banget
Ada cowok sok jagoan
body sixpack tapi apa?
Pas sampe puncak malah muntah-muntah,
iewh -_-
Adalagi cewek sok
tomboy petakilan dipuncak
Eh malah terberak-berak di situ ( berak beneran loh ya )

Itu dia,
nature told us untuk tidak sombong
Untuk tidak angkuh di sana

By the way ,
Karena hari masih gelap, masih jam 04:43
Belum ada
view yang kelihatan, akhirnya aku duduk
Dan Om Soleh ngopi di sana

Nggak lama setelah itu, si Mama dateng ! :D
Mama berhasil sampe ke puncak !
Alhamdulillah !
Dan akhirnya kita duduk sampe jam 05:00
it's time to sunrise !

Sunrise nya belum keliatan bulat, cuma keliatan sinar samar-samar
Ada sih fotonya, tapi foto ga seindah aslinya :')
Kalo yang pas aslinya, langitnya berwarna ungu
Lalu lampu-lampu di bawah tuh indaaaah banget
Sebelum
sunrise juga banyak bintang bertaburan
Benar-benar
nature banget :')

Sayangnya, aku nggak sempat foto
sunrise secara utuh
Karena aku khawatir sama Ayah di bawah -_-
Akhirnya aku cuma ngefoto
Gunung Bathok, salah satunya :

Life's a climb... but the view is great.

Yah, hasil mendaki ku selama beberapa jam itu nggak sia-sia
Aku puas 100 % sama apa yang aku liat
Aku seneng, bahagia, pokoknya perasaan ku bener-bener meluap :)

Angan-angan ku untuk ngeliat bromo selama ini
Alhamdulillah sudah terkabulkan :)
Walaupun harus dibayar dengan perjuangan ku selama ini
Mulai dari adaptasi awal di Jakarta, lalu belajar setengah mampus,
Berdoa, lutut sobek, mendaki sampe sesak nafas
Tapi semua itu terbayar hari itu, di saat aku melihat keindahan Allah SWT :')
Menurutku, inilah bahagia
Ketika kita melihat hasil ciptaan-Nya yang tak terduga
Ketika kita melihat keindahan dan keagungan-Nya
Bahwa dunia ini luas, dunia ini terlalu indah untuk dirusak
Itulah saat dimana aku berterimakasih kepada-Nya :)

K E M U D I A N !

Kita turun lagi deh setelah puas melihat
view
Ayu dan Mama naik kuda yang tadi, dan Om Soleh jalan kaki

Di tengah jalan turun
Lutut ku ( lagi-lagi ) ketabrak sedelnya kuda lain
Oke, kontan aku teriak : " ARGH ! "
Iyalah! Abis robek kok ditabrak bermacam benda aneh
Ya sakit dong! Hahahaha

Tapi nggak apa, itu kenikmatan tersendiri :)
Setelah ini, kita nggak langsung pulang
Kita ke tempat yang nggak kalah indahnya

To Be Continue . . .