Do what makes you HAPPY.. Be with who makes you SMILE.. Laugh as much as you BREATHE.. Love as long as you LIVE.. Life is just too SHORT to be SOMEONE ELSE.. Look at ME, see WHO THE REAL ME.. And IT'S ME.. :)

Cegukan

hoy, udah lama nggak buka blogger,
eh tau-tau liat visitors nya udah banyak banget ternyata yg ngevisit saya yaa~
Makasih buat yang udah nge-visit blog saya yaaa, without you, I'm nothing :) Love Yoouuuu~

Oke, to the point aja,
CEGUKAN

Cegukan atau hiccups adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.

Sedangkan menurut http://health.kompas.com ,
Cegukan merupakan gangguan ringan yang dialami oleh hampir setiap orang, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia. Biasanya cegukan akan hilang setelah beberapa saat, tetapi pada kondisi tertentu, cegukan bisa berlangsung berhari-hari.

Ada kalanya cegukan bertahan selama beberapa hari, bahkan berminggu-minggu. Hal ini tentu mengganggu aktivitas dan tidur kita. Cegukan yang berkepanjangan ini pada umumnya terjadi setelah seseorang menjalani operasi besar. Dalam beberapa kasus, cegukan yang menetap bisa menjadi tanda adanya gangguan yang serius.

Cegukan berulang kali terjadi akibat kontraksi involunter diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dari abdomen. Normalnya, saraf frenik yang memanjang dari leher hingga dada mengontrol kontraksi kedua sisi diafragma secara teratur dan terkendali. Cegukan bisa berawal dari iritasi yang terjadi di sepanjang saraf frenik itu. Cegukan mungkin terjadi ketika perut dalam keadaan teregang, biasanya sehabis makan besar atau alkohol berlebihan.

Nah, kemudian ada 2 jenis cegukan, yaitu :

  1. Cegukan yang bersifat ringan, yang hanya berlangsung selama 1 - 2 jam saja. Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya), makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol, merokok terlalu banyak, atau mengalami stres. Cegukan ini akan hilang dengan sendirinya ketika kita tidur.
  2. Cegukan yang bersifat tetap / permanen (persistance). Cegukan jenis ini biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena urenia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.
Sedangkan menurut http://nursingbegin.com ,

Cegukan atau hiccup yang istilah medisnya singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Istilah ‘hiccup’ muncul dan digunakan orang untuk menirukan suara yang dikeluarkan saat cegukan (hik..hik..). Sedangkan nama lainnya, yaitu ‘singultus’ berasal dari bahasa latin singult yang berarti menarik nafas saat seseorang sedang terisak-isak.
Ketika seseorang cegukan, terjadi kontraksi otot-otot pernapasan, yaitu diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk, yang menyebabkan gerakan menarik nafas namun tiba-tiba diikuti dengan menutupnya glotis (katup saluran napas) secara tidak normal sehingga terdengarlah suara hik..hik…

mekanisme-cegukan

Biasanya cegukan muncul 4-60 kali/menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja. Namun ada kalanya bertahan lebih dari 48 jam, dan bisa pula hingga berhari-hari.

Tertutup nya katup atau epiglotis ini terjadi karena adanya gangguan di lengkung refleks, yaitu pada susunan saraf pusat dan saraf tepi. Kedua saraf ini mengatur jalur pernafasan dalam tubuh manusia agar berjalan lancar. Tertutupnya klep ini bukan merupakan kelainan susunan saraf pusat atau saraf tepi, namun merupakan respon dari keduanya yang terganggu

Oleh karena saraf tepi berukuran panjang dan berhubungan dengan organ-organ di dalam tubuh, maka terkadang aktivitasnya terganggu oleh penyakit yang serius. Sehingga, cegukan dapat pula menjadi gejala adaya radang di perut, penyakit di ginjal, masalah hati atau tumbuhnya tumor di leher yang mengganggu saraf, yang kemudian mengirim respon sehingga muncullah cegukan.

Dan, Berikut beberapa tips untuk menghilangkan cegukan dengan cara yang mudah dari The Book of 1001 Home Health Remedies yang dirangkum dari Natural Healing Newsletter :

  • Pijat daun telinga Anda. Pijat-pijat bagian yang biasanya ditindik untuk menaruh anting, yakni daun telinga bagian bawah. Bisa jadi terdengar aneh, namun banyak orang yang sudah melakukannya dan berhasil. Tak ada yang tahu pasti apa hubungannya. Namun, dipercaya bahwa bagian yang mengontrol atau menyebabkan cegukan terletak di bagian belakang leher, di atas kolom tulang belakang.
  • Tak berhasil dengan pijatan di daun telinga? Coba ambil sesendok teh gula pasir, lalu telan. Nampaknya gula mengaktifkan saraf di bagian mulut dan menenangkan diafragma (otot di bawah paru-paru yang menyebabkan cegukan). Ada juga yang mengulum sesendok teh gula hingga larut di dalam mulut.
  • Ambil napas mendalam, lalu tahan sekuatnya (kira-kira 1 menit). Tahan atau coba buat gerakan menelan tiap kali ada rasa mau mulai cegukan.
  • "Obat” yang seringkali dipercaya oleh orangtua adalah dengan minum air sebanyak-banyaknya. Bisa juga diganti dengan menelan beberapa es batu yang dipecah-pecah,
  • Makan roti kering.
  • Duduk di lantai dan peluk lutut hingga menekan dada, peluk erat. Hal ini akan menekan dada dan memaksa semua udara di dalam paru-paru untuk keluar. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan.
  • Mainkan kapas di bagian dinding atas mulut Anda.
  • Tutup mata Anda, lalu berikan pijatan. Ada pula yang mengatakan agar sedikit menekan mata Anda yang tertutup.
okelah, sekian dan demikian my update kali ini, udah ngantuk,
dilanjut kapan-kapan lagi ya.. tunggu aja edisi curhatnya

(kalo saya lagi mood ngetik sih, ahahahaha)

Have Nice Activities, Guys Gals :)